Wednesday, December 3, 2008

sistem kebut semalam ato belajar sebelum tiba waktu ulangan?

Ulangan sebentar lagii,,
wahh!
pasti bakal capek bangedh neh,,

ada guru yang bilang, siswa yang cerdas adalah siswa yang belajarnya gagh pake sistem kebut semalam.. seharusnya seorang siswa yang cara belajarnya efektif tuh, kalo besoknya kita belajar fisika bab 1 malamnya kita udah harus ngebaca materinya, jadi pas belajar udah gagh susah buadh disuapin masuk keotak tuh pelajaran,, dan kalo udah mauk ulangan, kita gagh usah stres mesti belajar semalam suntuk buadh ulangan besoknya, karena itu cuma bisa bikin kita botak dan bisa-bisa jadi gila,,

tapi apa bener cara ini efektif?!
menurut gue cara ini belum tentu efektif untuk semua siswa yang ada dimuka bumi neh,,
soalnya, ada juga siswa yang menghapal cepadh lupanya juga cepedh, kayak gue neh!
dulu neh yah!gue pernah coba belajar malamnya sebelum besoknya diterangkan ma guru ybs, tapi pas malamnya, gue udah ngantuk duluan, bukannya ngerti gue malah ketiduran karena gagh ngerti mauk diapain tuh soal (kebetulan pelajarannya Fisika). setelah itu, pas pelajaran gue usaha buadh ngapalin semua rumus-rumus yang ada, supaya nanti pas ulangan gue gagh perlu lagi pake sistem kebut semalam..hapal seh iyahh,,tapi pada saat itu doang.. pas ulangan minggu depannya, gue yang sok-sok ngapal rumus ngomong ke teman2 kalo gue udah belajar dikit(emang dikit..), pas dskul, gue bareng temen2 nyoba ngerjain contoh soal yang ada sebelum ulangan pada jam selanjutnya, pas liad soal-soal yang ada, awalnya gue pikir gue pasti bisa jawab, soalnya gue udah hapalin rumus2nya waktu diajarin ma guru, eh alhasil ternyata gue gagh bisa jawab satu soalpun, gue nanya ke yang lain, pas liadh jawabannya gue baru ingadh ternyata rumusnya tuh kayak ginih,,

padahal gue udah sok tauk bangedh kalo gue udah belajar dan ngapalin rumus, ternyata pas liadh soal gue gagh tauk mauk jawab apaan..

***
maka dari itu gue agak-agak gagh setuju dengan kata-kata guru gue tentang cara belajar efektif siswa ato cara belajar siswa cerdas tuh kalo belajarnya gagh pake sistem kebut semalam,
tapi pake sistem belajar sebelum ulangan tiba.. jadi katanya kalo udah musim ujian kayak ginih tuh seharusnya waktu siswa jalan-jalan kemall, bukannya pusing mikirin belajar, belajar dan belajar..

huh!
whatever deh! yang penting gue gagh bisa dengan sistem belajar sebelum ulangan tiba itu,,
mendingan gue ikutin sistem yang gue punya, yang penting khan gue gagh gila cuma gara-gara belajar semalaman dan bisa ngejawab soal pada saat ulangan (tanpa nyontek tentunya).
oh, iyah! tentunya semua orang pasti punya cara mereka masing-masing dalam menentukan manah yang baik untuk dijadikan pedoman dan caranya belajar (yang manah menurutnya asik dan gagh nyiksa) dan manah yang buruk untuk diikuti, jadi orang lain gagh punya hak dumzz buadh nentuin manah cara belajar yang salah dan GAGH CERDAS and manah cara yang benar dan CERDAS. (walopun yang ngomong neh guru lhoo..gue tetep gagh setujuu..)

No comments: